Senin, 24 September 2012

Khasiat Telur : Awali Hari Dengan Telur

Pada penjelasan berikut Riskyaisyah Blog akan menjelaskan tentang khasiat telur bagi kesehatan. Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda. Jika anda dihadapkan pada dua pilihan sarapan dengan telur atau sarapan dengan roti, manakah yang anda pilih? Selamat bagi anda yang memilih sarapan dengan telur ! karena penelitian terbaru yang dilakukan oleh Jillon Vander Wall menunjukkan bahwa mengawali hari dengan telur memiliki indeks kekenyangan yang lebih tinggi dibandingkan dengan produk sereal yang bisa dikonsumsi masyarakat untuk sarapan pagi.

Penelitian dilakukan dengan mengambil subjek 30 pria dengan IMT > 25. Para pria ini kemudian dibagi secara acak menjadi dua kelompok : kelompok yang mengkonsumsi telur dan yang mengkonsumsi roti. Sarapan telur ini terdiri dari dua butir telur, dua potong roti, dan satu sendok makan selai buah yang rendah kalori. Sedangkan sarapan dengan roti terdiri dari satu potong roti, dua sendok makan keju, dan tiga gram yoghurt. Kedua jenis sarapan ini memiliki nilai kalori dan berat yang sama yakini, 188 gram.

Kemudian indeks kekenyangan diukur dengan menggunakan Fullness Questionanaire dan State Trait Food Craving Questionnaire. Hasilnya responden yang mengkonsumsi sarapan telur memiliki tingkat kekenyangan 50% lebih tinggi dibandingkan sarapan roti. Selain itu, responden ini juga mengkonsumsi 164 kalori lebih sedikit pada waktu makan siang dan 400 kalori lebih sedikit setelah 36 jam sarapan dibandingkan mereka yang sarapan dengan roti.

Dari hasil penelitian khasiat telur ini, Cath MacDonald seorang ahli gizi Inggris menganjurkan masyarakat untuk mengkonsumsi telur secara rutin, khususnya bagi mereka yang obesitas. “Pengurangan 400 kalori akan memberikan dampak yang signifikan bagi kesehatan tubuh. Lagipula cara penyajiannya cukup mudah dan juga harganya sangat terjangkau”, ujarnya mantap.

Marilah selalu konsumsi telur dan rasakan khasiat telur yang baik bagi kesehatan. Sehat menyertai kita semua. Amin.

Sumber : Majalah Men’s Guide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar