Minggu, 23 September 2012

Manfaat Kulit Udang :: Jangan Buang Kulit Udang

Kelezatan udang sebagai keluarga seafood sudah tidak diragukan lagi. Jadi tak heran jika banyak sekali jenis makanan yang berbahan utama udang seperti tumis udang, udang saus tiram, udang saus padang, bakwan udang, dan beberapa jenis lainnya. Masak udang bisa digoreng tepung, maupun dimasak ala saos padang akan dapat menambah kenikmatannya. Namun ketika memakannya, banyak orang yang sengaja membuang kulitnya. Padahal kulit udang justru memiliki manfaat yang dapat menyehatkan sendi anda.

Sendi yang sehat memang sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Jika rasa nyeri pada sendi muncul terus menerus, tentu akan sangat mengganggu anda. Kalau sudah begini, harapan untuk memperoleh bentuk tubuh yang ideal tentu semakin jauh. Jangankan olahraga untuk membentuk tubuh, bergerak saja sulit.
Nah, penelitian membuktikan bahwa pada kulit udang ada senyawa yang dikenal sebagai chondroitin yang dapat membantu menjaga kesehatan sendi. Senyawa ini dapat meningkatkan produksi proteoglikan dan kalogen yang merupakan komponen penting pada sendi, membantu lubrikasi pada sendi, dan berperan sebagai shock absorber.

Sumber utama dari senyawa ini adalah tulang rawan hewan, yang notabene merupakan bahan alami dan tentu saja aman. Salah satu contohnya adalah kulit udang. Jadi, jangan buang kulit udang saat anda mengkonsumsi udang. Selain lebih praktis karena tidak perlu mengupas, ternyata kulit udang dapat membantu menjaga kesehatan sendi anda. Jika anda tidak suka udang, cobalah untuk mengkonsumsi suplemen atau susu yang mengandung chondroitin.

Sumber : Majalah Men’s Guide.

1 komentar: