Minggu, 23 September 2012

Susu Skim : Manfaat Susu Skim Ampuh Turunkan Tekanan Darah

Mungkin bukan susu namanya jika tidak memiliki sejuta manfaat. Penemuan terbaru yang diketahui oleh Alvaro Alvonso dari Universitas Navarro semakin menambah deretan manfaat dari minuman ini. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap 6000 pasien, diperoleh bahwa susu skim bisa menurunkan tekanan darah.

Berbeda dengan susu full cream, susu skim telah dikurangi kadar lemaknya hingga 1,5%. Selama kurang lebih 2 tahun, para pasien diminta untuk mengkonsumsi susu jenis ini. Hasilnya, pasien tersebut mengalami penurunan tekanan darah yang sangat signifikan.

Para ahli menilai, hal ini disebabkan oleh adanya protein dalam susu skim yang dapat membantu menurunkan tekanan darah. Jenis protein ini pastinya tidak dijumpai pada susu full cream. Protein susu tersebut adalah kasein dan whey protein. Keduanya merupakan sumber yang kaya akan Angiotensin Converting Enzyme, enzim yang memegang peran penting dalam menurunkan tekanan darah dengan cara melebarkan pembuluh darah arteri.

Pada susu full cream, lemak jenuh yang terkandung di dalamnya menetralisir kerja dari kedua protein susu ini. Hal ini merupakan penelitian pertama yang mencoba mengkaji hubungan antara susu skim dengan hipertensi. Hasil penelitian ini dimuat di American Journal of Clinical Nutrition.

Sumber : Majalah Men’s Guide.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar